Rabu, 12 Oktober 2011

CETERIS PARIBUS

Ceteris Paribus

Cateris paribus itu keadaan dimana semuanya harus seimbang , cateris paribus adalah istilah dalam bahasa Latin, yang secara harafiah dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai "dengan hal-hal lainnya tetap sama", dan dalam bahasa Inggris biasanya diterjemahkan sebagai "all other things being equal."
Dalam ilmu ekonomi, istilah ceteris paribus seringkali digunakan, yaitu sebagai suatu asumsi untuk menyederhanakan beragam formulasi dan deskripsi dari berbagai anggapan ekonomi.
Asumsi Ceteris paribus diartikan sebagai hal-hal yang tidak berhubungan dengan analisa dianggap konstan sehingga tidak mempengaruhi analisa yang sedang dilaksanakan.
Satu contoh ceteris paribus yang paling sederhana diberikan oleh fungsi permintaan
berikut:
                  q*d = f (p*) Ceteris paribus
Persamaan di atas menunjukkan hubungan antara dua faktor yaitu jumlah barang x yang diminta.
q* d, ditentukan oleh harga barang x, yaitu sebesar px, jika variabel-variabel lain dianggap
konstan. Dengan demikian ceteris paribus pada hubungan diatas menggambarkan persamaan
dengan mengetahui bahwa variabel lain tidak selalu konstan.

1 komentar:

  1. Kepada Yth.
    Bapak Ageng Julianto


    Dengan Hormat,


    Perkenalkan, nama saya Nadya Sharfina dari Selasar. Berikut adalah profile saya di Selasar: https://www.selasar.com/profile/28611/Nadya-Sharfina

    Mohon izinkan saya memperkenalkan Selasar. Selasar adalah sebuah platform berbagi pengetahuan, pengalaman dan wawasan. Di Selasar, pengguna dapat memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan menulis jurnal. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda dapat melihatnya di link ini: https://www.selasar.com/site/about

    Saya telah membaca tulisan Anda di blog http://ageng-julianto.blogspot.co.id/2011/10/ceteris-paribus.html dan menganggap tulisan Anda sangat inspiratif.

    Terkait hal tersebut, bolehkah kiranya tulisan Anda di http://ageng-julianto.blogspot.co.id/2011/10/ceteris-paribus.html dapat kami bantu muat, promosikan, dan publikasikan ulang konten yang ada di dalamnya pada forum Q&A (Questions & Answers) via selasar.com, mengingat cara penyampaian dan substansi yang sangat baik dalam tulisan tersebut.

    Kami akan bantu sebarkan tulisan tersebut via jejaring digital yang kami miliki. Harapannya, ketika tulisan tersebut mendapatkan exposure yang lebih luas, semakin banyak orang yang akan terinspirasi dan mengetahui ide serta gagasan Anda.

    Terima kasih. Mohon konfirmasi dan kabar baik dari Anda.


    Salam,
    Nadya Sharfina

    BalasHapus